Analisis Minat Usaha

Selasa, 08 Maret 2016

Analisis Minat Usaha


No.
Aspek
Uraian
1
Nama Usaha
Warteg The Heatly of Traditional Food
2
Motivasi usaha / Latar belakang
Jujur saja sebenarnya saya tidak memiliki niat untuk menjadi wirausaha. Saya mendapatkan ide ini mungkin lebih ke arah bisnis yang cukup prospek. Awalnya saya mengamati saat saya berkunjung ke beberapa kota besar seperti; jakarta, bandung, yogya dan juga surabaya. Saya melihat banyak sekali warung makan tegal atau yang akrab di dengar ‘WARTEG’. Dari situlah saya mendapatkan ide ini. Bagaimana jika kalau warteg-warteg itu di coporate-kan menjadi sebuah warung makan (resto) yang lebih modern layaknya KFC dan Hoka Hoka Bento, tapi tetap tidak menghilangkan khas dari warteg itu yaitu makanan tradisionalnya. Apalagi nama besar ‘WARTEG’ yang sudah sangat melegenda baik di negeri ini maupun di luar negeri.
3
Deskripsi Usaha :


a.       Spesifikasi produk/Usaha perdagangan
Tempat : Untuk tempat dan lokasi usaha, saya mungkin akan mengambil lokasi perkotaan. Seperti lokasi Kampus, Central Industry dan juga di Mal-mal, karena lokasi ini sangat berprospek untuk berkembangnya usaha ini.

Mitra Penunjang : Beberapa yang ingin saya ajak ber mitra adalah beberapa Mal-mal dan juga SPBU di lintas Jalur Utama wilayah utara dan selatan.

b.      Harga jual/Penentuan harga jual
Untuk poin harga jual, saya kira karena ini merupakan konsep warteg modern, tentu saya juga tidak ingin mematok harga terlalu jauh dengan harga pasaran warteg.

c.       Segmentasi pasar dan cara pemasaran
Target pasar : Semua kalangan masyarakat dan semua kalangan usia.

Cara pemasarannya : Dengan papan reklame di sepanjang jalan utama, dan juga dengan memberikan sticker logo usaha setelah pembeli membayar di kasir, dengan ini kami mendapatkan keuntungan karena dapat memasarkan warteg ini secara tidak langsung.

d.      Keunikan/daya tarik keunggulan produk atau jasa yang dijual
Keunikan dari usaha ini adalah dari Brand yang dibawa. Kita tahu bahwasanya nama warteg sudah sangat familiyar di kalangan masyarakat bawah sampai atas. Tentu dengan konsep modern yang dibawa brand ini akan menjadi nilai plus scara tidak langsung bagi saya.

e.       Manajemen ( jumlah SDM yang dibutuhkan, keahlian yang dibutuhkan, struktur organisasi, pembagian tugas )
Tentu dengan usaha yang tidak bisa dibilang kecil ini, SDM yang dibutuhkan tidaklah sedikit, minimal pada satu resort terdapat 20 karyawan.
4
Rencana menjalankan pembagian tugas
Untuk modal saya akan mencari modal dari beberapa investor, dan juga modal dari pinjaman bank.


5
Visi usaha yang ingin diwujudkan :


a.       Harapan yang ingin diwujudkan
Harapan yang ingin saya wujudkan adalah saya segera mendapatkan pengalaman untuk saya dapet menjalankan usaha ini.

b.      Cara  mewujudkan harapan
Cara mewujudkannya adalah dengan saya segera bekerja, lalu dapat mencoba bekerja di berbagai posisi.
6
Rencana usaha yang akan dikunjungi :


a.       Nama toko usaha
Mungkin saya akan berkunjung di salah satu toko seperti; R.M. Padang Murah, R.M Arum, dan warung makan ijo

b.      Alamat
Jl. Mastrip.



0 komentar :

Posting Komentar