Analisis Minat Usaha
No.
|
Aspek
|
Uraian
|
1
|
Nama
Usaha
|
Warteg The Heatly of Traditional Food
|
2
|
Motivasi
usaha / Latar belakang
|
Jujur saja sebenarnya saya tidak memiliki niat untuk
menjadi wirausaha. Saya mendapatkan ide ini mungkin lebih ke arah bisnis yang
cukup prospek. Awalnya saya mengamati saat saya berkunjung ke beberapa kota
besar seperti; jakarta, bandung, yogya dan juga surabaya. Saya melihat banyak
sekali warung makan tegal atau yang akrab di dengar ‘WARTEG’. Dari situlah
saya mendapatkan ide ini. Bagaimana jika kalau warteg-warteg itu di coporate-kan menjadi sebuah warung
makan (resto) yang lebih modern layaknya KFC
dan Hoka Hoka Bento, tapi tetap
tidak menghilangkan khas dari warteg itu yaitu makanan tradisionalnya.
Apalagi nama besar ‘WARTEG’ yang sudah sangat melegenda baik di negeri ini
maupun di luar negeri.
|
3
|
Deskripsi
Usaha :
|
|
a.
Spesifikasi produk/Usaha perdagangan
|
Tempat : Untuk tempat dan lokasi usaha, saya mungkin akan mengambil lokasi
perkotaan. Seperti lokasi Kampus, Central Industry dan juga di Mal-mal,
karena lokasi ini sangat berprospek untuk berkembangnya usaha ini.
Mitra
Penunjang : Beberapa yang ingin saya ajak ber mitra adalah beberapa
Mal-mal dan juga SPBU di lintas Jalur Utama wilayah utara dan selatan.
|
|
b.
Harga jual/Penentuan harga jual
|
Untuk poin harga
jual, saya kira karena ini merupakan konsep warteg modern,
tentu saya juga tidak ingin mematok harga terlalu jauh dengan harga pasaran
warteg.
|
|
c.
Segmentasi pasar dan cara pemasaran
|
Target
pasar : Semua kalangan masyarakat dan semua kalangan usia.
Cara
pemasarannya : Dengan papan reklame di sepanjang jalan utama, dan juga dengan
memberikan sticker logo usaha setelah pembeli membayar di kasir, dengan ini
kami mendapatkan keuntungan karena dapat memasarkan warteg ini secara tidak
langsung.
|
|
d.
Keunikan/daya tarik keunggulan produk
atau jasa yang dijual
|
Keunikan
dari usaha ini adalah dari Brand yang dibawa. Kita tahu
bahwasanya nama warteg sudah sangat familiyar di kalangan masyarakat bawah
sampai atas. Tentu dengan konsep modern yang dibawa brand ini akan menjadi
nilai plus scara tidak langsung bagi saya.
|
|
e.
Manajemen ( jumlah SDM yang dibutuhkan,
keahlian yang dibutuhkan, struktur organisasi, pembagian tugas )
|
Tentu dengan usaha yang tidak bisa dibilang kecil ini,
SDM yang dibutuhkan tidaklah sedikit, minimal pada satu resort terdapat 20
karyawan.
|
|
4
|
Rencana
menjalankan pembagian tugas
|
Untuk modal saya akan mencari modal dari beberapa
investor, dan juga modal dari pinjaman bank.
|
5
|
Visi
usaha yang ingin diwujudkan :
|
|
a.
Harapan yang ingin diwujudkan
|
Harapan yang ingin saya wujudkan adalah saya segera
mendapatkan pengalaman untuk saya dapet menjalankan usaha ini.
|
|
b.
Cara
mewujudkan harapan
|
Cara
mewujudkannya adalah dengan saya segera bekerja, lalu dapat
mencoba bekerja di berbagai posisi.
|
|
6
|
Rencana
usaha yang akan dikunjungi :
|
|
a.
Nama toko usaha
|
Mungkin saya akan berkunjung di salah satu toko
seperti; R.M. Padang Murah, R.M Arum, dan warung makan ijo
|
|
b.
Alamat
|
Jl. Mastrip.
|
0 komentar :
Posting Komentar